Selasa, 21 Juni 2011

Georeference Image Menggunakan Quantum GIS

Georeference image menggunakan Quantum GIS (QGIS) ini sebagai salah satu alternatif menggunakan GIS open source software, selain melakukan georeference image menggunakan ArcGIS Explorer (download free GIS Viewer terbaru dari ESRI tersebut disini). Sebelumnya juga ditunjukkan cara melakukan georeference menggunakan Global Mapper yang terdapat dalam e-book Membuat Georeference Image Hasil Download dari Google Maps, serta rektifikasi citra/image menggunakan ArcGIS Desktop disini.

georeference in quantum gis

Georeference di QGIS bisa dilakukan dengan menggunakan plugin Georeferencer. Plugin ini sudah default saat Anda menginstal Quantum GIS, yang bisa diaktifkan dari menu Plugin –> Pilih Georeferencer (QGIS 1.6.0 Capiapo).


Cara kerja Georeferencer di QGIS hampir sama dengan cara melakukan georeference di Global Mapper. User menentukan titik acuan (GCP), untuk kemudian melakukan entry nilai koordinat yang diinginkan. Georeferencer dimungkinkan pula untuk mengambil GCP yang sudah ada sebelumnya dengan format *.points. Tipe format *.points merupakan file extension jika Anda menyimpan GCP di Georeferencer.

Koordinat acuan menggunakan LatLng Marker di Google Maps                 

Jika Anda mengikuti tahapan yang terdapat dalam e-book “Membuat Georeference Image Hasil Download dari Google Maps”, maka Anda pasti tidak kesulitan untuk melakukan hal yang sama di Georeferencer pada Quantum GIS ini.

Entry GCP sesuai dengan titik acuan di Georeferencer-QGIS

Anda juga bisa mengikuti tahapan georeferencing and vectorization di Quantum GIS pada video di bawah ini:

Related Posts with Thumbnails

Tidak ada komentar:

Struktur Sungai

Struktur Sungai

POLA RUANG SUMATERA

POLA RUANG SUMATERA

Kec. Jambi Selatan - Kota Jambi

Kec. Jambi Selatan - Kota Jambi

BERHALE ISLAND

Pulau Berhala
Large selection of World Maps at stepmap.com
StepMap Pulau Berhala


ISI IDRISI TAIGA

ISI IDRISI TAIGA

HOW TO GOIN ON BERHALE ISLAND

Kota Jambi

Desa Batu Kerbau - Kab. Bungo

Desa Batu Kerbau - Kab. Bungo

TERAKHIR DI UPDATE GOOGLE

COMMUNICATE

+62 812731537 01