Kamis, 25 Juni 2015

HARAPAN PEMIMPIN adalah PEMIMPIN HARAPAN


Harapan pemimpin pada Pilkada adalah menjadi pemimpin harapan yang terbanyak di pilih oleh para citizen. Mayoritas para citizen akan memilih pemimpin harapannya sehingga pemimpin tersebut bisa menjadi kepala daerah. Walaupun setelah terpilih para citizen tidak mendapat kompensasi atau imbalan secara pribadi namun secara umum mereka bisa mendapatkan kompensasi tersebut berupa kemudahan menggunakan akses umum  dan keringanan jasa pelayanan sosial. Trend pemilihan kepala daerah di Indonesia saat ini sangat populer dikarenakan adanya Pilkada serentak untuk pemilihan Gubernur atau Bupati. Khususnya Jambi, trend ini sudah menggeliat dan muncul ke permukaan melalui media perangkat keras maupun media perangkat lunak.

Kecendrungan media perangkat lunak berupa jaringan media-media sosial banyak digunakan dalam membangun paradigma untuk menarik perhatian netizen agar mendukung pemimpin harapan mereka pada saat pemilihan nanti. Mereka yang biasa berinteraktif dengan media sosial biasanya dikenal dengan istilah netizen. Karena teknologi yang sangat mudah maka media perangkat lunak lebih cepat merespon para netizen untuk positif mendukung pemimpin harapan mereka, setiap jam netizen akan interaktif merespon dukungan sehingga memperkuat prediksi untuk menang dalam pilkada.

Hal ini berbeda terbalik dengan media perangkat keras berupa koran atau tabloid. Perangkat media ini sangat populer ketika media perangkat lunak belum booming. Selain informasi berubah tiap hari bukan tiap jam media perangkat keras atau koran tidak bisa interaktif langsung. Media ini hanya menggambarkan aktivitas pemimpin dan tidak bisa didiskusikan secara langsung. Namun pengguna media perangkat keras masih bersifat mayoritas. Umumnya para  citizen yang berusia separuh baya ke atas lebih banyak menggunakan media perangkat keras ini untuk melihat perkembangan pilkada. Berbeda terbalik dengan mereka yang berusia di bawah separuh baya.

Mereka menggunakan android untuk mengakses informasi tersebut dan berinterkatif karena selain sebagai sumber informasi gadget juga sebagai kebutuhan untuk komunikasi yang murah terhadap famili atau rekan mereka. Saat musim pilkada media sosial banyak digunakan untuk menarik perhatian para netizen yang merupakan citizen. Penggunaan media sosial dalam menearik perhatian netizen dalam pilkada sudah terbukti nyata, misalnya pada pemilihan Presiden USA, Barrack Obama terpilih menjadi president salah satu faktornya adalah kampanye di media facebook.

Akhirnya, harapan pemimpin adalah pemimpin harapan para citizen. Agar bisa menjadi pemimpin harapan citizen maka Bernard Bass (1985) mengakatakan para pemimpin harus mampu untuk meningkatkan semangat citizen ke arah yang lebih tinggi. Untuk meningkatkan semangat tersebut dapat melalui media perangkat keras, perangkat lunak atau secara tatap muka yang telah dirancang oleh tim sukses atau relawan.

Bagaimana cara meningkatkan semangat citizen ke arah yang lebih tinggi? Behling, dkk (1996) menjawab bahwa untuk meningkatkan semangat citizen ke arah yang lebih tinggi diperlukan empat sikap dan sembilan indikator. Sikap pertama, empati dengan indikator berupa memahami nilai-nilai citizen dan mencocokkan tujuan pemimpin dengan nilai-nilai citizen. Sikap kedua, misioner dengan indikator menyampaikan misi dengan antusias dan membuat misi menjadi lebih penting. Sikap ketiga, keyakinan diri dengan indikator percaya diri dan menunjukan kepastian. Sikap ke empat, menciptakan peluang sukses untuk citizen dengan indikator berupa ; membantu citizen dalam membuat tujuan, memberikan kesempatan citizen mencapai tujuan dengan cara sendiri dan menciptakan peluang untuk citizen dalam membuat pengalamanan sukses.

Bagaimana dengan kita, siapa pemimpin pilihan kita ? Hal ini tergantung pada kita sendiri untuk memilih. Bagi kita yang familier dengan media sosial maka informasi tentang pemimpin harapan kita dapat dilihat perkembangannya. Mereka yang mampu mempengaruhi kita untuk memilih pemimpin harapan mereka tentunya mereka adalah tim sukses yang terhebat karena mereka mampu menyampaikan misi mereka dengan antusias dan membuat misi mereka menjadi lebih penting.
Posting Komentar

Kantor-kantor


Lihat JAMBI PROVINCE GOVERMENT di peta yang lebih besar
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Jaringan Jalan

Jaringan Jalan

TERAKHIR DI UPDATE GOOGLE

Kebun Mangrove

Kebun Mangrove

Struktur Sungai

Struktur Sungai

POLA RUANG SUMATERA

POLA RUANG SUMATERA