PENGUNJUNG

FORUM TATA RUANG. Diberdayakan oleh Blogger.

Desa Batu Kerbau - Kab. Bungo

Desa Batu Kerbau - Kab. Bungo

Kec. Jambi Selatan - Kota Jambi

Kec. Jambi Selatan - Kota Jambi

Peta Unja Mendalo

Peta Unja Mendalo

Danau Sipin - Kota Jambi

Danau Sipin - Kota Jambi

Danau Teluk Kota Jambi

Danau Teluk Kota Jambi

COMMUNICATE

+62 812731537 01

Kota Jambi

Place

Place

ISI IDRISI TAIGA

ISI IDRISI TAIGA

PROVINSI JAMBI

Ikutin lewat e-mail

Prediksi Karbon dengan IDRISI Taiga

Prediksi Karbon dengan IDRISI Taiga
Contoh Kasus di Madagaskar

HOW TO GOIN ON BERHALE ISLAND

BERHALE ISLAND

Pulau Berhala
Large selection of World Maps at stepmap.com
StepMap Pulau Berhala


Klik saja iklan di bawah ini

Populer

Sabtu, 24 September 2016

Pertanian Organik di Jambi : Apakah Bisa Membuat Masa Depan Penuh Berkelanjutan ?

by Oldy Arnoldy  |  at  21.48



Pertanian organik sangat baik untuk kesehatan kita, kesehatan hewan, juga kesehatan planet. Saya ingin mendukung pertanian organik. Saya rasa pemerintah harus mendukung dan mendorong publik untuk membeli dan menggunakan produk organik demi manfaat kesehatan dan planet. Saya berharap di masa depan, semakin banyak pertanian organik yang tersebar di segala tempat, segala sudut dunia.

Pertanian organik juga menawarkan manfaat berikut: 
  1. Melindungi jutaan petani dan pekerja pertanian di seluruh dunia dari racun pestisida serta bahaya lain yang berhubungan, 
  2. Mengurangi risiko pribadi dari kanker karena pestisida, 
  3. mengurangi efek ketidaksuburan dan gangguan pada sistem saraf, 
  4. Melindungi kesehatan bagi anak-anak dan bayi yang belum lahir, 
  5. Melindungi keanekaragaman hayati, 
  6. Melestarikan lapisan tanah atas yang penting untuk menghindari pengikisan yang cepat karena pertanian konvensional; 
  7. Mengurangi zona mati yang ada di lautan karena pupuk buatan; 
  8. Melindungi koloni lebah dari kemusnahan, 
  9. Mengembalikan keamanan suplai pangan kita

Pertanian organik menawarkan kita harapan yang besar dengan kapasitas untuk membantu mengatasi beberapa masalah lingkungan yang paling kritis saat ini, yaitu: pemanasan global, kerusakan lingkungan, dan menipisnya persediaan pangan dan air di seluruh dunia. 

Dibandingkan dengan pertanian konvensional, pertanian organik menggunakan bahan bakar fosil dan air yang jauh lebih sedikit untuk menghasilkan panen yang sama. Terlebih lagi, ia mungkin dapat membantu mengerem dan bahkan membalikkan efek perubahan iklim. 

Dalam salah satu penelitian yang paling lama terhadap pertanian organik, Institut Rodale yang ada di AS menemukan bahwa managemen tanah organik tidak hanya memperkecil penggunaan bahan bakar fosil, tapi juga menyerap karbon dioksida dari udara dan menyimpannya sebagai karbon di dalam tanah.

Sebagai tambahan, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa pertanian organik dapat bertahan di kondisi cuaca yang lebih buruk maupun banjir, dengan hasil panen yang jauh lebih tinggi daripada pertanian konvensional di masa kekeringan maupun banjir. 

Penelitian terhadap 1.800 lahan organik di Amerika Tengah yang diterjang Topan Mitch tahun 1998 menemukan bahwa kerusakan di lahan organik dan pengikisan tanah bagian atas jauh lebih sedikit dibandingkan pertanian konvensional. Penelitian terbaru oleh Perserikatan Bangsa Bangsa juga menyatakan bahwa pertanian organik di Afrika "tidak hanya dapat memberi peningkatan keamanan pangan, tetapi juga memberi manfaat yang luas bagi ekonomi, lingkungan, kesehatan, dan sosial." Kesimpulan lain didapat melalui pengujian dari 114 proyek yang tersebar di 24 negara Afrika yang menemukan bahwa "panen menjadi berganda ketika praktik organik diterapkan."

Pola makan nabati organik memberi manfaat yang lebih besar dengan mengurangi 94% gas emisi rumah kaca! Jadi, kunci bagi kelangsungan hidup kita ada di tangan kita. Setelah mengetahui manfaat positif yang luar biasa yang dapat kita lakukan dari setiap makanan yang kita santap serta produk yang kita gunakan, kita semakin mempunyai kendali untuk membawa masa depan kita ke arah yang lebih cerah bagi semuanya. 

Membeli produk organik semampu keuangan kita membuat kita semakin mendukung pertanian organik, dan seiring dengan meningkatnya permintaan maka pemerintah akan menyubsidi kembali pertanian nabati yang berkelanjutan daripada menyubsidi industri daging. Dengan begitu harga makanan organik akan turun, murah, dan dapat dengan mudah ditanam di rumah. 

Apakah kita petani tradisional di sawah, pecinta kebun di rumah, atau konsumen langganan, ada satu hal yang jelas: gunakan produk yang bebas dari produk hewani maupun kimia, serta gunakan produk yang dapat menciptakan keselamatan, kesehatan, dan cinta kasih di dunia demi kita semua.

FORUM TATA RUANG selanjutnya akan membangun pertanian organik untuk terlibat dalam kelestarian lingkungan yang dilakukan di Propinsi Jambi di mulai dari Kota Sungai Penuh dan Kab. kerinci. 

Perlakuan pertanian organik oleh FORUM TATA RUANG dapat di lihat pada link di bawah ini : KEBUN KOPI PUPUK ORGANIK ;   PADI PUPUK ORGANIK ; KETIMUN PUPUK ORGANIK



0 comments:

Kebun Mangrove

Kebun Mangrove
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Jaringan Jalan

Jaringan Jalan

POLA RUANG SUMATERA

POLA RUANG SUMATERA

Struktur Sungai

Struktur Sungai
Proudly Powered by Blogger.